Minggu, 26 Juli 2009

Apa Itu Malware


Apa itu Malware ? secara estimologi, malware itu gabungan kata malicious (jahat) dan software. Malware itu berupa software yg didesain untuk menyusupi dan merusak sistem komputer. Tujuan pengembangan software ini bisa bermacam dari sekedar iseng sampai demi mencuri data sensitif seperti username, password, dan nomor pin kartu kredit.

Jenis malware bisa berupa :

1. Virus Komputer
2. Worm
3. Trojan Horse
4. logic Bomb
5. Spyware : Program yg mengumpulkan data user tanpa ijin. Format Data bisa berupa hasil chat, nomor rekening, email, dll.
6. Bot

Mengapa Malware berbahaya ?

1. Menghancurkan data komputer
2. Mengurangi kecepatan komputer
3. Menyebabkan crash atau blue screen of death
4. Mengijinkan spammer mencuri username dan password kita sehingga dia bisa mengirim email memakai account email kita.
5. Menyebabkan browser memunculkan pop-up ads yg menyebalkan. Biasanya tiap browser memiliki setting build in yg bisa memblokir ads popup. Namun bila sistem komputer sudah disusupi malware, maka seting build in browser ini tidak bisa dipakai dan sepenuhnya berada di luar kontrol kita.

Secara spesifik, malware tidak semata mata cuma berupa software. Malware juga bisa berupa hardware dan firmware. Akan tetapi, umum merujuk kepada software. Kesamaan mereka ialah melanggar privasi korban.

...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk kebaikan Anda memperhatikan Saya...

16 atau 17 tahun lalu, belum berkonsep.

Tengah malam lewat 14 menit Sekian menit lalu usai dua video isi musik yang dinyanyikan teman lama Menit-menit sebelumnya ada kilasan di pik...