-->

Senin, 25 Januari 2010

10 Password Terbanyak Digunakan di Dunia

Senin, 25 Januari 2010


Ini ada satu lagi fakta tentang Kehidupan Privasi di dunia maya. saya mengenal dunia maya sejak tahun 2003, sampai hari ini memiliki lebih dari dua puluh akun e-mail, puluhan blog, dan puluhan akun-akun lainnya di dunia maya. untuk menjaga privasi tiap pe,ilik akun di dunia maya, maka penyedia layanan membentuk satu sistem yang hanya bisa dibuka oleh penyedia dan pembuat akun. dan berikut adalah tulisan singkat mengenai 10 password terbanyak yang digunakan oleh orang di dunia.

Mayoritas orang punya kata sandi atau password internet, untuk internet banking, membuka email, akun facebook, akun Twitter, masuk ke sistem perusahaan, dan sebagainya.

Berdasarkan analisa dari puluhan juta akun internet, ada 10 kata sandi yang paling sering digunakan orang.

Imperva, perusahaan pengamanan data, mengaku telah menganalisis sekitar 32 juta password yang dibobol hacker dari laman RockYou.

Desember lalu, para hacker telah membobol database perusahaan RockYou dan mendapat akses ke 32 juta nama pengguna sekaligus password yang tidak terenkripsi.

"Semua orang harus tahu, apa akibatnya jika menggunakan kombinasi password yang lemah. Sangat rentan, apalagi menghadapi dahsyatnya serangan di dunia maya, kata Amichai Shulman, staf teknis Imperva, seperti dimuat laman News.com.au, Jumat 22 Januari 2010.

"Dengan hanya sedikit usaha, seorang hacker bisa memperoleh akses ke akun baru, hanya dalam hitungan detik," lanjut dia.

Shulman juga memperingatkan bahaya menggunakan password yang sama di beberapa akun.

Misalnya, "seorang pegawai menggunakan password yang sama untuk facebook dan untuk masuk sistem di perusahaan."

"Sangat berbahaya, hacker dengan mudah bisa masuk ke dan mengacak-acak sistem yang dimiliki perusahaan."

10 password yang paling banyak digunakan:

1. 123456
2. 12345
3. 123456789
4. Password
5. iloveyou
6. princess
7. rockyou *
8. 1234567
9. 12345678
10. abc123

* Catatatan: data ini didapatkan dari laman RockYou


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk kebaikan Anda memperhatikan Saya...