-->

Senin, 25 Januari 2010

Riset: Otak Facebooker Hanya Sanggup Berteman 150 Orang

Senin, 25 Januari 2010

Pernah di suatu pertemuan di dalam kelas, saya "bercerita" tentang kemampuan mengingat orang terhadap banyaknya orang. saya menggambarkan hal tersebut kedalam gambaran Friendster kemudian FaceBook. Banyaknya teman seseorang di facebook bisa menjadikan seseorang terkenal --katanya--, tapi berikut adalah fakta riset tentang "Ingatkah Kamu Satu Persatu Teman FaceBook-mu??!"

Warga Facebook alias facebooker sering 'menimbun' jumlah teman, kadang sampai ribuan banyaknya. Namun menurut seorang peneliti, manusia sesungguhnya tidak mampu mengingat atau mengendalikan hubungan sosial dengan lebih dari 150 orang saja.



Adalah Robin Dunbar, profesor Evolutionary Anthropology di Oxford University yang mencetuskan klaim itu. Sang profesor pernah mengembangkan teori bernama 'Dunbar's number' yang jadi basis pernyataannya tersebut.

Teori itu mengklaim bahwa ukuran neocortex--bagian otak untuk berpikir sadar dan berbahasa--membatasi manusia untuk mengurus lingkungan sosial hanya dengan sekitar 150 teman, tak peduli betapapun besar sikap sosial seseorang.

Jumlah itu didapat setelah Dunbar meneliti seberapa sering manusia melakukan kontak dalam berbagai golongan masyarakat, dari lingkungan pedesaan sampai perkotaan.

Ternyata menurut riset lanjutan Durban, meski Facebook memungkinkan orang punya begitu banyak teman, tetap saja jumlah teman yang bisa dikontrol berkisar pada angka 150.

"Anda bisa memiliki 1500 teman, namun ketika Anda lihat trafik di situs, Anda akan melihat bahwa orang tetap mempunyai lingkaran pertemanan di kisaran 150 orang," tukas Dunbar seperti dilansir Times of India yang dikutip detikINET, Senin (25/1/2010).

Dunbar menambahkan bahwa wanita cenderung lebih baik dalam membina hubungan dengan terus berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan kaum lelaki membutuhkan kebersamaan secara fisik sebelum bisa jadi akrab.

Nah, sekarang brapa teman FaceBook yang kamu ingat??!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk kebaikan Anda memperhatikan Saya...