-->

Rabu, 10 Februari 2010

Tolak Valentine!!!!!

Rabu, 10 Februari 2010

Mungkin yang membaca judul artikel ini sudah tau maksud saya menulisnya. tapi saya masih berharap ini tidak pembaca bawa ke nilai yang negatif. Apalagi samapi menyentuh SARA. saya cuma ingin berbagi tentang apa yang saya ketahui.

Menjelang hari-hari pertengahan di bulan pebruari di setiap tahun, hampir semua bangsa barat --bahkan sebagian besar asia juga-- merayakan yang namanya Valentine's Day atau lebih kita kenal dengan hari kasih sayang. Tapi, tahukah pembaca sekalian sejarah Valentine's Day?! Sepanjang sejarah Valentine's Day, saya pernah mendengar beberapa versi sejarah terbentuknya Valentine's Day. Salah satu di antara sekian banyak sejarah Valentine's Day yang saya tahu adalah sejarah berikut :

Valentine sebenarnya adalah seorang martyr (dalam Islam disebut 'Syuhada') yang bersifat 'dermawan'. Nah, karena kedermawanannya, martyr tersebut diberi gelar Saint atau Santo. Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena ada perselisihan dengan penguasa Romawi pada waktu itu yaitu Raja Claudius II (268 - 270 M). Nah, dari sini awal mulanya. Untuk mengenang St. Valentine yang dilambangkan sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kesabaran dalam menghadapi cobaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai 'upacara keagamaan'.

Tetapi sejak abad 16 M, 'upacara keagamaan' tersebut mulai hilang dan berubah menjadi 'perayaan bukan keagamaan'. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pesta berbagi kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut “Supercalis” yang jatuh pada tanggal 15 Februari. Setelah orang-orang Romawi itu masuk agama Nasrani(Kristian), pesta 'supercalis' kemudian dikaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagai 'hari kasih sayang' juga dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropah bahwa waktu 'kasih sayang' itu mulai bersemi 'bagai burung jantan dan betina' pada tanggal 14 Februari. Dalam bahasa Perancis Normandia, pada abad pertengahan terdapat kata “Galentine” yang bererti 'galant atau cinta'. Persamaan bunyi antara galentine dan valentine menyebabkan orang berfikir bahwa sebaiknya para pemuda dalam mencari pasangan hidupnya pada tanggal 14 Februari.

Nah, itulah sejarah-sejarah terbentuknya valntine's Day. perubahan dari nama seorang St. Valentino menjadi satu perayaan besar dunia. Tapi saya masih berharap, semua saudara saya kembali mempelajari Sejarah Valentine's Day sebelum membagi greeting card, merayakannya dalam bentuk pesta persaudaraan, saling tukar kado, dan sebagainya . karena jangan sampai hal ini menjerumuskan kita ke jalan yang bengkok. Bengkok itu tak bisa diluruskan. ketika kita memkasa untuk meluruskan apa yang bengkok, maka dia saya pastikan akan patah. peljarilah sejarah yang berasal lebih dari 1700 tahun yang lalu.

kesimpulan saya, silahkan kita simpulkan bersama kenapa saya menyatakan menolak Valentine's Day...

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk kebaikan Anda memperhatikan Saya...