Minggu, 15 Mei 2011

Bayangan Hasil Ujian Nasional 2011

Salam Satu Jiwa!!!
Beberapa tahun lalu, 2006 tepatnya, saya adalah seorang anak yang berada di ujung nasib dan masa depan. Bayang-bayang kegagalan adalah satu bayang yang saya dan hampir semua teman takuti. Meskipun dalam hati harapan cerah masih lebih besar.

Beberapa hari setelah menjalani Ujian Akhir Nasional ketegangan berbayang hitam kemudian muncul. Saya merasa bahwa ketidak-adilan sepertinya sedang beraksi. Sempat berpikir saat itu, "Apa saya harus gagal hanya karena tiga pelajaran itu?". Waktu itu masih 3 (tiga) mata pelajaran saja yang dijadikan materi Ujian Akhir Nasional.

Menunggu pengumuman yang akan diedarkan esok hari, membuat saya susah untuk tidur di malam sebelumnya. Masak saya harus pulang ke kampungku hanya karena tidak lulus di Ujian Akhir ini. Perasaan takut untuk malu juga datang waktu itu.

Malam ini sepertinya hal seperti itu banyak terulang. Beberapa hari lalu sebanyak kurang lebih 10.408.562 siswa mengikuti ujian nasional. Dan malam ini adalah malam terakhir sebelum hasil ujian Nasional tingkat SMA diumumkan. Beberapa isu beredar sejak kemarin. Ada yang mengabarkan bahwa sebanyak 11.443 secara nasional siswa SMA tidak lulus di Ujian Nasional 2011 dan untuk Kota Makassar sebanyak 130 dari 18.756 siswa SMA yang mengalami ketidak-lulusan di ujian akhir tahun ini.

Tahun lalu, untuk Kota Palopo, khususnya SMA Negeri 1 Palopo, di Blog ini saya memposting hasil ujian nasional lebih awal (disini), tapi mungkin tahun ini tidak lagi karena sudah tidak memiliki hasil ujian nasional untuk Sekolah manapun (hahahahai).

Untuk semua siswa SMA, SMP, SD dan sederajatnya masing-masing : Selamat kepada Anda yang lulus di semua mata pelajaran dan yang mungkin belum lulus di tahun ini, kesabaran dan kekuatan super diperbanyak. Masih bisa tahun depan. Masih banyak harapan selain Lulus Ujian Nasional.

Sekali lagi, selamat berpesta dan selamat bersabar!

________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih untuk kebaikan Anda memperhatikan Saya...

16 atau 17 tahun lalu, belum berkonsep.

Tengah malam lewat 14 menit Sekian menit lalu usai dua video isi musik yang dinyanyikan teman lama Menit-menit sebelumnya ada kilasan di pik...